Tuesday, December 5, 2017

3 Bangunan Ikonik yang Patut Dikunjungi Di Semarang

loading...
3 Bangunan Ikonik yang Patut Dikunjungi Di Semarang - Seperti halnya provinsi lain di Pulau Jawa, jawa Tengah juga punya banyak daerah yang menarik untuk dikunjungi, Salah satunya adalah Semarang yang tak lain adalah ibukota dari Jawa Tengah. Kota ini cukup unik karena di sana banyak sungai yang membelah kota sehingga pernah mendapat julukan sebagai ‘Venetie van Java’ atau ‘Venesia di Jawa’. Kota ini juga punya kuliner khas yang sangat terkenal ke seantero negeri seperti lumpia sehingga menambah daya tarik kota ini di mata para wisatawan.


Belum cukup sampai di situ, Semarang pun memiliki beberapa bangunan unik yang ikonik, artistik, dan sangat instagramable sehingga membuatnya sangat menarik untuk dikunjungi. Jadi, yuk pesan penerbangan hemat ke Semarang seperti tiket NAM Air dari sekarang supaya kamu bisa mampir ke bangunan ikonik berikut ini:

Lawang Sewu


Source: wikipedia.org

Lawang Sewu adalah bangunan megah yang dibangun poleh pemerintah Hindia-Belanda pada tahun 1905 dan selesai pada 1907. Bangunannya dirancang oleh arsitek Eropa sehingga Lawang Sewu memiliku nuansa arsitektur Benua Biru yang sangat kental. Dulu, Lawang Sewu dibangun sebagai Het Hoofdkantoor Van de Nederlandsch - Indische Spoorweg Maatscappij (NIS) atau kantor perusahaan kereta api swasta di Masa Hindia Belanda. Bangunan ini pun jadi saksi bisu dari sejarah perkeretaapian di Indonesia.

Masyarakat sudah biasanya menyebut Lawang Sewu dengan sebutan ‘Gedung Seribu Pintu’. Julukan ini disematkan karena Lawang Sewu memiliki banyak pintu di setiap sudut bangunannya. Namun, bukan berarti jumlah pintu di Lawang Sewu benar ada 1.000 karena jumlah sebenarnya hanyalah 429 pintu dengan lebih dari 1.200 daun pintu.

Berkat keindahan dan sejarahnya, Lawang Sewu jadi tempat yang wajib untuk dikunjungi, terutama bagi wisatawan yang ingin berfoto. Bahkan, banyak orang yang sengaja datang ke Lawang Sewu untuk kebutuhan sesi foto.

Namun, bukan itu saja yang membuatnya menarik untuk disambangi. Lawang Sewu dipercaya sebagai tempat yang sangat angker dan penuh misteri. Konon, hampir semua hantu-hantu yang terkenal di Indonesia sering menampakan dirinya di gedung tua ini. Bahkan, masyarakat setempat percaya kalau hantu-hantu tersebut ada di setiap sudut bangunan.

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)


Source:wikimapia.org

Masjid Agung di Sambirejo yang baru berdiri di awal tahun 2000an ini pun tak kalah menarik dengan Lawang Sewu. Selain sebagai tempat ibadah umat Muslim, pengelola juga memperbolehkan para pengunjung untuk berfoto di sekitar mesjid selama tidak mengganggu kegiatan ibadah.

Keunikan Masjid ini terletak pada gaya arsitekturnya yang merupakan perpaduan dari gaya Jawa, Islam, dan Romawi. Di sana, kamu bisa melihat 25 pilar yang megah dan menawan, lengkap dengan kubah besar berdiameter 20 meter yang mencolok serta kaligrafi khas TImur Tengah yang sangat indah.

Hal ikonik lainnya yang ada di Masjid Agung ini adalah adanya 6 payung besar yang kabarnya melambangkan rukun iman dalam ajaran Islam. Payung ini biasanya akan terbuka saat hari besar umat Islam.

Selain itu, masih banyak lagi sudut-sudut mesjid yang menawan dan melambangkan banyak hal tentang ajaran Islam. Hebatnya, semua keindahan masjid ini dirancang oleh seorang arsitek bernama Ir. H. Ahmad Fanani lewat sayembara yang digelar pada tahun 2001.

Klenteng Sam Poo Kong


Source: Wikipedia.org

Klenteng yang ada di Bongsari ini adalah bangunan bersejarah peninggalan Laksamana Cheng Ho atau Zheng He yang pernah singgah di tanah Jawa sekitar tahun 1.400 masehi. Ia adalah seorang Laksamana dari Negeri Tirai bambu yang konon menganut agama Islam. Di dalam komplek Klenteng ini, terdapat Goa Batu yang dipercaya sebagai tempat pertama kali sang laksamana menginjakan kakinya di Semarang. Ada pula patung sang Laksamana yang semakin menegaskan kalau ia memang pernah singgah di tempat ini. Di sekitar komplek Sam Poo Kong, ada pula beberapa bangunan lain yang menarik seperti Kelenteng Thao Teekong, Kyai Juru Mudi, Kyai Jangkar, Kyai Cundrik Bumi, dan Kyai Tumpeng.

Mengingat Kenteng ini adalah peninggalan orang Tiongkok, sudah pasti kalau arsitekturnya pun sangat kental dengan gaya China. Hampir setiap sudut Klenteng pun jadi tempat yang menarik untuk berfoto.

Maka dari itu, kalau kamu sedang ingin mencoba liburan di Jawa Tengah, cobalah pesan tiket NAM Air ke Semarang karena di sana ada banyak bangunan unik yang ikonik dan sangat instagramable. Jadi, ayo cari  info harga tiket pesawat agar kamu bisa mendapatkan penerbangan promo ke kota yang juga  berjuluk Kota Atlas ini.

Untuk mendapatkan penerbangan yang lebih hemat, jangan lupa cari info harga tiket pesawat di reservasi.com. Di sini, kamu bisa melakukan pemesanan tiket NAM Air dan maskapai penerbangan lainnya dengan penawaran harga terbaik. Selain itu, reservasi.com juga menyediakan layanan pemesanan kamar hotel dengan harga yang sangat terjangkau.
=

Related Posts

3 Bangunan Ikonik yang Patut Dikunjungi Di Semarang
4/ 5
Oleh