Friday, March 11, 2016

Cara Mengatasi Teman Kerja Yang Nyebelin

Mempunyai temen atau rekan kerja yang susah di ajak bekerja sama, menyebalkan dan kerap membuat suasana menjadi tidak kondusif dan dapat mengacaukan suasana hati, Bener bener males banget yah jika punya teman kerja seperti itu, namun mau bagaimana lagi kita sebagai pekerja tidak bisa memilih rekan kerja yang sesuai dengan keinginan atau yang kiranya cocok dengan diri kita.

Biasanya kita akan mendapat teman kerja sesuai dengan yang sudah ada di tempat kerjaan, ada atau nggaknya yang nyebelin itu tergantung dari keberuntungan diri kita, Kalau kurang beruntung ya gitu deh, Dapet rekan kerja yang ngga cocok dengan kita.

Nah bagi Anda untuk mempersiapkan, jika suatu saat mendapat rekan kerja yang nyebelin atau ngga cocok atau bahkan sudah memiliki rekan kerja yang nyebelin, untuk mengatasi semua itu bisa coba tips berdasarkan saran dari ahli karier Marc Dorio yang merupakan penulis buku “The Complete Idiot’s Guide to Career Advancement” dan Alexandra Levit, penulis “Blind Spots”.
Ilustrasi teman kerja nyebelin
Berikut ini adalah tips cara menghadapi rekan kerja yang mengesalkan berdasarkan saran dari Marc Dorio dan Alexandra Levit, diantaranya :

1. Jangan mudah terpancing emosi

Pastinya semuanya akan terasa sangat sulit ketika anda harus bekerja sama dengan rekan kerja yang mengesalkan, ditambah jika dia adalah salah satu tipe pembuat onar di tempat kerja. Jangan mudah larut dengan situasi dan jangan sampai emosi anda terpancing.Di saat yang seperti ini reaksi yang anda berikan akan menjadi sebuah nilai tersendiri di mata dia ataupun atasan anda.

2. Memiliki taktik mengatasi ulahnya

Kenyataannya and menjadi kesal dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan dia. Solusi untuk mengatasi hal ini adalah anda harus mencari tahu penyebab yang membuat anda tidak menyukainya. Misalnya apakah dia selalu berusaha mencuri kredit untuk pekerjaan yang anda lakukan atau mungkin dia sering mengeluh sambil mengomel tidak jelas. Setelah anda menemukan penyebabnya anda bisa mencari taktik untuk mengatasi ulahnya.

3. Coba mengerti sikapnya

Tidak penting untuk mencari tahu siapa yang bersalah antara anda dan dia, namun cobalah untuk berusaha mengerti sikapnya dengan cara melihat situasi dari sudut pandangnya. Setelah itu anda bisa berusaha mencari solusi untuk meredakan ketegangan diantara kalian berdua.

4. Bicara terbuka

Cobalah untuk berbicara dan berusaha menyelesaikan masalah layaknya seorang profesional dengan dia. Ajak dia untuk ketemuan di suatu tempat yang sepi lalu anda bisa bertanya, “Saya bahwa ada suatu masalah diantara kita. Lalu apa yang harus saya lakukan untuk menyelesaikan masalah ini ?”.

5. Jadilah pendengar aktif

Katakanlah hal-hal seperti, “Apakah maksud anda seperti ini…??”, atau “Dapatkah anda memberi saya beberapa contoh ?”. Anda juga bisa memaksanya untuk memberikan keterangan spesifik untuk menghadapi komentar tak menyenangkan darinya seperti, “Anda tidak membantu apa-apa.”

6. Tetap tenang

Cobalah untuk bersikap tenang ketika dia mulai kehilangan kesabaran ataupun menuduh anda berbuat macam-macam dan mulai berbicara keburukan anda di belakang anda. Tetaplah untuk berusaha tampil dengan tenang dan terlihat seperti profesional. Biarkan dia terus berulah dan pada akhirnya semua orang bisa melihat situasi yang sebenarnya.

7. Atasi setiap kendala

Terkadang anda memiliki teman kerja yang sangat menyebalkan karena atasan anda memang memiliki niat supaya anda segera menyelesaikan masalah diantara kalian berdua. Jika anda meminta atasan untuk memindahkan anda ataupun menolak kehadirannya maka secara tidak langsung anda menunjukkan pada atasan anda bahwa anda tidak mampu menyelesaikan masalah pribadi dengan rekan kerja. Tentunya hal ini akan sangat berpengaruh pada kredibilitas anda di mata atasan dan mempengaruhi promosi anda.

8. Konsultasi dengan atasan

Jika anda sudah mencoba segala sesuatu dan masih mengalami masalah, saatnya berbicara dengan atasan. Jelaskan padanya bahwa anda sudah berusaha lalu cobalah untuk minta saran darinya. Atasan anda mungkin akan menawarkan untuk duduk bicara dengan musuh anda atau memiliki saran lain, tetapi meminta sarannya menunjukkan bahwa anda mampu menangani situasi dengan cara yang dewasa.

Oke demikian ulasan cara mengatasi teman kerja yang nyebelin semoga bisa berguna :)

Related Posts

Cara Mengatasi Teman Kerja Yang Nyebelin
4/ 5
Oleh